Komisi V Minta Dermaga di Pelabuhan Bakauheni-Merak Ditambah

KALIANDA (Lampost.co)– Komisi V DPR RI meminta pemerintah menambah dermaga sandar di Pelabuhan Merak dan Bakauheni,  karena tidak sebanding dengan jumlah kapal yang beroperasi, sehingga
banyak kapal yang menganggur dan antrean panjang kendaraan.

Hal tersebut diungkapkan wakil ketua Komisi V Sigit Susiantomo saat meninjau persiapan sarana dan prasarana transportasi arus mudik Lebaran 1439H di Pelabuhan Bakauheni pada H-8 Lebaran,  Kamis (7/6/2018).
“Yang dibutuhkan di sini penambahan dermaga. Kita harap ada penambahan dermaga lagi sehingga tidak ada kapal yang menganggur.  Dan saat terjadi menumpukan tidak menunggu terlalu lama,” kata Sigit.
Meski demikian politisi dari Fraksi Gerindra tersebut mengemukakan bahwa fasilitator pelabuhan sudah bagus, lebih bagus yang pada yang lalu-lalu. Untuk pelabuhan sudah bagus.
“Kita berharap ada penambahan dermaga lagi sehingga jumlah kapal yang menyebabkan ini semakin banyak. Jadi kalau saat-saat menumpuk tidak menunggu terlalu lama,” kata Sigit kepada wartawan, Kamis (7/6/2018).
Menurutnya,  persiapan dan fasilitas angkutan Lebaran di Pelabuhan Bakauheni lebih baik dan ada peningkatan.
“Tadi saya juga sempat ngobrol dengan sopir truk. Saya tanya berapa lama menunggu, sopir truk jawab tidak terlalu lama dan ada pemalakan tidak di pelabuhan, sopir jawab tidak ada.  Berarti keamanan dipelabuhan benar benar bagus,“ pungkasnya.
Pada kesempatan itu rombongan komisi yang membidangi urusan transportasi tersebut mengecek kondisi dermaga V, loket penumpang jalan kaki, ruang ibu dan anak, serta pos pelayanan kesehatan. Seluruhnya dalam kondisi baik.

Kedatangan 12 anggota komisi V DPR RI,  yakni Sigit Sosiantomo (Ketua Tim) Sudjadi (F- PDIP),  Rahmat Nasution Hamka (F-PDIP), Agati Sulie Hayudin (F.PG), Novita Wiijayanti (F. Gerindra), Bambang Haryo Soekartono (F. Gerindra), Willem Wandik (F. Demokrat), Hartanto Edhie Wibowo (F. Demokrat), Bahri (F. PAN), Neng Eem Marhamah Zulfa (F. PKB), Nurhasan Zaidi (F. PKS), Wardatul Asriah (F. PPP), dan Sahat Silaban (F. Nasdem) di dermaga I dengan kapal Basarnas tersebut disambut Ira Puspadewi (Direktur Utama PT ASDP), La Mane (Direktur Usaha PT ASDP), Anton Murdianto (GM PT ASDP Bakauheni), Sugeng Purwanto (Manajer Operasional PT ASDP Bakauheni), Qodratur Ikhawan (Kadis Perhubungan Provinsi Lampung), Anasrullah (Kadis Perhubungan Lampung Selatan), Suyatno (Kepaka KSOP Bakauheni), AKP Sigit (Kepala KSKP Bakauheni), dan M. Kamil (Jasa Rahaja Cabang Kalianda Lampung Selatan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *