Sidak Stasiun Pasar Turi, Komisi V DPR Pantau Kesiapan Transportasi Jelang Libur Akhir Tahun

SURABAYA-BISNISKINI: Saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stasiun KA Pasar Turi, Komisi V DPR RI meminta kepada semua operator transportasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana, yang mengakibatkan terhalangnya masyarakat menggunakan jasa transportasi jelang libur panjang akhir tahun ini.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo mengatakan, pihak pelayanan dari perhubungan diminta untuk terus dapat melayani masyarakat yang akan berlibur. “Yang perlu dikhawatirkan adalah kondisi-kondisi luar biasa. Misalnya, angkutan udara tidak bisa terbang seperti saat Gunung Agung meletus beberapa waktu lalu. Juga adanya banjir di rel KA Porong-Tanggulangin,” kata Sigit Sosiantomo, Kamis (07/12/2017).

Ia memaparkan, pihaknya melakukan sidak untuk melihat kesiapan dan memantau tempat-tempat yang diperkirakan jadi pusat keramaian liburan panjang di Jatim, terutama di Surabaya. “Ada cuaca ekstrem dan kami memantau dampak penutupan Bandara Ngurah Rai dan banyak wisatawan tumplek di Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat lain,” ujarnya.

Khusus untuk PT KAI Daop 8 Surabaya, Sigit meminta penambahan printer untuk mecetak boarding pass. Karena dinilainya, dengan banyaknya jumlah printer tersebut, relatif akan membantu masyarakat karena tidak perlu antre.

Sementara terkait terhambatnya perjalanan KA akibat banjir di rel Porong-Tanggulangin beberapa waktu lalu, Sigit mengatakan, Komisi V DPR akan menyurati Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal rencana relokasi rel KA di Sidoarjo. “Karena begitu jalur rel Porong-Tanggulangin terendam banjir, maka menyebabkan angkutan KA terhambat,” katanya.

Menurutnya, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya sendiri sudah meninggikan tanggul. “Bahkan peninggian tanggul hingga enam kali dan turun terus. Harus ada relokasi, karena ini merupakan jalur Porong ke Surabaya dan Porong ke Jember,” ujarnya. (SANDHI/AZT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *