UU Arsitek Tempatkan Arsitek Tanah Air Pelaku Utama

RMOL. Pengesahan RUU Arsitek diharapkan bisa membuat arsitek Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Keberadaan UU ini juga diharapkan bisa memberikan kepastian hukum guna menunjang peningkatan kompetensi dan sumber daya manusia (SDM) arsitek dalam persaingan global.

Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo mengatakan bahwa UU ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam menjamin arsitek Indonesia yang berpraktik di dalam maupun luar negeri.

Sedangkan di sisi lain, RUU ini memberi penguatan semangat kerjasama bagi arsitek daerah lainnya untuk peningkatan kualitas layanan praktik dengan mengamanatkan pemerintah daerah untuk menerbitkan lisensi kepada arsitek sebagai perpanjangan tangan negara.

“Sehingga, dapat membantu terciptanya praktik tertib pembangunan dan memberikan manfaat hasil pembangunan sebesar-besarnya bagi masyarakat,” jelas Sigit.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi V Lasarus mengatakan bahwa pengesahan UU Arsitek menjadi langkah maju, karena menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara Asean lain yang terlebih dulu memiliki UU Arsitek.

“Diharapkan UU Arsitek menempatkan arsitek kita menjadi pelaku utama atau tuan rumah di negeri kita sendiri,” tandas Lasarus. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *