Wakil Ketua Komisi V DPR RI: Presiden Seharusnya Segera Keluarkan Perpres Dewan Insinyur

Jakarta, Kabar3.com – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo menilai, untuk memenuhi ketersediaan insinyur profesional presiden sudah seharusnya segera mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) pembentukan Dewan Insinyur Indonesia (DII).

Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Menurut Sigit, Perpres ini seharusnya sudah diterbitkan pemerintah pada 2015 lalu.

“Saat ini kita sangat kekurangan tenaga insnyur profesional. Padahal pembangunan infrastruktur kita digenjot. Ini berbahaya, bagaimana proyek-proyek strategis nasional bisa selesai jika SDM-nya tidak ada,” ujarnya kepada Kabar3.com melalui pesan singkatnya, Senin (26/3/2018).
Sesuai dengan UU Keinsinyuran, DII harus dibentuk dalam waktu paling lambat satu tahun setelah UU tersebut diteken. Tapi kenyataannya, hingga kini DII belum dibentuk. Hal ini membuat beberapa fungsi DII yang diamanatkan oleh UU Keinsinyuran tidak berjalan.

Beberapa tugas penting DII adalah menetapkan standar kompetensi insinyur bersama menteri, menerapkan sistem registrasi insinyur, menetapkan sistem sertifikasi insinyur, menetapkan sistem uji kompetensi, menetapkan sistem pengawasan alih IPTEK insinyur asing dan sistem pengawasan praktik keinsinyuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *